Cara Menjemur Kenari Dan Manfaatnya

CARA MENJEMUR BURUNG KENARI DAN MANFAATNYA


Cara Menjemur Kenari Dan Manfaatnya


BACA JUGA : CARA MEMBEDAKAN KENARI JANTAN DAN BETINA


Menjemur burung memang suka yang di anggap sepele padahal banyak sekali manfaatnya buat burung itu sendiri, tapi menjemur kenari jangan terlalu lama karena bisa mengakibatkan kematian seperti burung kenari teman saya yang lupa menjemurnya terlalu lama pas ingat sudag mati jadi intinya secukupnya saja ya.


Berikut Cara Menjemur Burung Kenari


  • Perhatikan waktu penjemuran


    Menjemur kenari juga perlu diperhatikan waktu serta durasi penjemurannya. Umumnya penjemuran kenari bisa dilakukan mulai dari jam 07.00 sampai dengan jam 10.00. Sebaiknya lama penjemurannya tidak lewat jam 10.00 kecuali dengan alasan tertentu misal lagi musim hujan. Penting diketahui terik matahari di atas jam 10.00 itu kondisinya sudah terlalu panas jadi kurang bagus buat kesehatan si burung mungil ini dan biasanya bulunya juga akan mudah rusak. Selain waktu pagi canary bird ini juga bisa dijemur di sore hari sekitar pukul 16.00.

  • Metode penjemuran


    Secara umum menjemur kenari adalah menempatkan kenari di bawah sinar matahari. Jadi metode atau cara menjemurnya dengan menempatkannya di bawah sinar matahari denagn cara menaruh sangkar di atas permukaan tanah, namun yang lebih baik menggantung sangkar di tempat menjemur kenari tanpa perlu dikerodong. Karena ada juga rekan-rekan yang mencoba menjemur kenrinya dengan cara kerodong tidak dibuka, alasannya agar tidak saling melihat dengan kenari lainnya, maka sudah barang tentu burung tersebut akan kepanasan dan mangap-mangap, ini terlalu berisiko bagi canary.


    Tips jika tidak ingin kenari yang dijemur melihat burung lain yang sejenis, maka kerodong sangkar cukup ditutup separuh saja

  • Menjemur kenari sebelum atau sesudah dimandikan


    Memandikan dan menjemur kenari adalah dua hal yang juga penting bagi burung yang juga disebut serinus canaria ini, namun sebaiknya tidak perlu memandikannya setiap hari.
    Memandikan kenari boleh saja 2 atau 3 kali dalam seminggu atau disesuaikan dengan kebiasaannya.
    Menjemur Kenari umumnya dilakukan setelah ia dimandikan namun tanpa memandikan terlebih dahulu pun juga boleh, jadi burung berperawakan cantik ini langsung dijemur di tempat biasa anda menjemurnya, asal tetap memperhatikan waktu penjemuran dan durasi penjemurannya. Jika sobat hendak menjemurnya setelah dimandikan maka biarkan ia sejenak hingga bulu kenari yang basah sedikit mengering lalu langsung dijemur di bawah panas matahari.

  • Perhatikan segi keamanannya


    Selain mengetahui tekhnik maupun waktu penjemuran juga penting memerhatikan dari segi keamanan saat kenari sedang dijemur. Baik posisi gantungan sangkar yang tepat maupun hal lain, jika tidak memperhatikan hal kecil tersebut bisa saja sangkar beserta kenari akan jatuh karena terpaan angin. Juga penting memperhatikan segi keamananya dari hewan seperti kucing dan sebagainya.


Berikut manfaat menjemur kenari:


  • Menjadikan kenari lebih sehat dan makin gacor.
  • Menstabilkan / meningkatkan birahi kenari.
  • Membantu memenuhi kebutuhan vitamin yaitu vit D.
  • Mempercepat matang kelamin, khususnya untuk kenari betina siapan.
  • Membantu proses pembakaran lemak sehingga juga baik untuk kenari yang kegemukan.


ingat ya menjemur yang sewajarnya karena kenari tidak kuat terlalu lama debgan cahaya matahari.


Terimakasih sudah membaca MANFAAT MENJEMUR BURUNG KENARI, Salam kicau mania.

Load disqus comments

0 komentar